Rohis 58 Jakarta

The Agent of Change!

IREFE 26

Rohis angkatan ke 26. Islamic Relationship Element of Fifty Eight

IREFE 26

Rohis angkatan ke 26. Islamic Relationship Element of Fifty Eight.

Tafakur Alam 2014

Tafakur Alam Rohis SMAN 58 Jakarta

IOS 27

Rohis Angkatan 27

Sabtu, 23 Januari 2016

Rihlah ke Kebun Raya Bogor (9 Januari 2016)

Bismillahirahmanirrahim

Assalamu'alaikum wr.wb

Kali ini ane mau cerita tentang rihlah nih, udah lewat 2 minggu yang lalu sih.. tapi gapapa.. Yang penting dengan adanya tulisan disini suatu saat nanti kalo lagi kangen sama rohis bisa liat postingan ini.

Rihlah pertamanya direncanakan tgl 9 Januari 2016. Hari sabtu pas pertama kali baru masuk sekolah tuh, karena takutnya keburu banyak tugas kalau kelamaan. Eh ternyata, minggu pertama kali masuk sekolah tugas udah rame :v . Dan hasilnya, banyak yang izin ga bisa ikut. Karena sepi nih, akhirnya ada rencana rihlah diundur sampai waktu yang belum ditentukan. Tapi, beberapa masih ada yang pengen bangetz ikut rihlah, lalu diputuskan bahwa rihlah tetap diundur tapi di 9 januari 2016 tersebut tetep rihlah buat yang mau aja.

Di pagi hari, tgl 9 januari 2016. Dalam cuaca yang cerah dan berawan ane berangkat memulai perjalanan. Dikarenakan karena kalo ngumpul di 58 dulu ngabisin ongkos, ane langsung nunggu di stasiun tanjung barat. Katanya jam 8 langsung berangkat, tapi ane jam 8 lewat di stasiun belum ada siapa-siapa-_- . Akhirnya ane pun memutuskan untuk menunggu di halte stasiun tanjung barat sambil menghitung berapa angkot T19 yang lewat sampai mereka datang. Hitungan sudah belasan merekapun belum juga ada yang dateng-_- . Dan akhirnya sekitar jam 9an mereka datang juga-_-. Awalnya yang mau ikut ikhwan doang, eh katanya akhwatnya juga ada yang mau ikut dan jadinya kami harus menunggu lagi sampai akhwatnya datang. Sekitar jam 10 mereka baru datang dan kami langsung menuju kebun raya bogor.

Dengan hanya segelintir orang yang ikut, ane, sectio, ammar, imam, ihsan, angga, dimas, suci, mutia, bella, nabila, dan mirna kami berangkat. Pas berangkat ada 3 orang yang ga sempet masuk kereta-_- .
Ketika sampai di stasiun bogor jadi kami harus menunggu kereta selanjutnya dulu. Akhirnyapun kami sampai di stasiun bogor!

Karena iseng dan biar seru.. maka dari stasiun ke kebun raya bogor kita jalan kaki :v . Dan hasilnya pun pegel pegel~

Di KRB kita bisa merasakan udara sejuk karena banyak pepohonan yang mungkin udah ga bisa dirasain disebagian besar kota jakarta. Nah ini foto foto kami disana banyak yang ga jelas fotonya gara gara pake hape :v
(cionya keliatan pendek :v)

(ihsan ngeliatin doang;v)


(ini fotonya sambil tiduran dijalanan) 
(yang ini pada kecapekan jalan kaki :v)

(Sandalnya angga mainstream, di masjid banyak yang sama)

(Makan makan :v)

i
(yang dibelakan kami dijalanan itu kita ga kenal)

(ini namanya jembatan._.)

(itu bukan mobil kita)

(ini perjalanan ketika ngisengin orang yang pacaran :v)



*Selama diperjalanan ikhwan dan akhwat berpisah karena sesuatu :v
*Ini foto yang ada di hp ihsan doang, photo akhwat cuma 1 :v

Segitu aja yang mau ane ceritain, capek ngetiknya :v
Wassalamu'alaikum wr.wb





(Presiden Rohis 2015-2016) 

Rabu, 20 Januari 2016

10 MATA PEDANG SEDEKAH



Hadist, dan atsar shahabah disebutkan beberapa keutamaan sedekah dan orang yang melakukannya. Baca dan renungilah dalil-dalil dibawah ini, semoga Allah memberi hidayah sehingga sikap bakhil dan kikir tidak bersemayam didalam hati kita dan segera diganti dengan sikap suka memberi.

1. Amalan yang Utama

Rasulullah SAW telah bersabda:
“Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Tangan diatas adalah yg memberi dan tangan di bawah adalah yang menerima”(HR. Muslim)

Umar Bin Khathtab pernah berkata:
“Sesungguhnya amalan-amalan itu saling membanggakan diri satu sama lain, maka sedekahpun berkata (kepada amalan- amalan lainnya),’Akulah yang paling utama diantara kalian’

2. Melindungi Dari Bencana

Rasulullah SAW pernah bersabda seperti dibawah ini:
“Obatilah orang sakit diantara kalian dg sedekah”

Imam Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah mengatakan:
“Sesungguhnya sedekah bisa memberikan pengaruh yg menakjubkan utk menolak berbagai macam bencana sekalipun pelakunya orang yang fajir (pendosa), zhalim atau bahkan orang kafir, karena Allah SWT akan menghilangkan berbagai macam bencana dengan perantara sedekah tersebut…”

3. Berlipat Ganda Pahalanya

Allah SWT telah berfirman:
“Perumpamaan (infak yg dikeluarkan oleh) orang-orang yg menginfakan hartanya di jalan Allah adalah serupa dg sebutir benih yg menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiapbulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yg Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui(QS.Al-Baqarah:261)

Rasulullah SAW juga bersabda:
“Barangsiapa bersedekah senilai satu biji kurma yg berasal dari mata pencaharian yg baik—dan Allah tidak akan menerima kecuali yg baik—maka sesungguhnya Allah akan menerimanya dg tangan kanan-Nya, kemudian dipelihara untuk pemiliknya, sebagaimana seseorang diantara kalian memelihara anak kuda, sehingga sedekah itu menjadi (besar) seperti gunung”

4. Dapat Menghapus Dosa dan Kesalahan

Rasul SAW bersabda:
“Bersedekahlah kalian, meski hanya dg sebiji kurma. Sebab, sedekah dapat memenuhi kebutuhan orang yang kelaparan, dan memadamkan kesalahan, sebagaimana air memadamkan api”

Beliau juga menasehatkan kepada para pedagang:
“Wahai sekalian pedagang,sesungguhnya setan dan dosa menghadiri jual beli kalian, maka sertailah jual beli kalian dengan sedekah.”

5. Menjadikan Harta Berkah dan Terus Berkembang

Allah SWT berfirman:
“Katakanlah,’Sesungguhnya Rabb-ku melapangkan rejeki bagi siapa yg dikehendaki diantara hamba-hambaNya dan menyempitkan bagi (siapa yg dikehendaki-Nya).
Dan apa yg kamu infakkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rejeki sebaik-baiknya.(QS.Saba’:39)

Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya Allah akan mengembangkan sedekah kurma atau sepotong makanan dari seorang diantara kalian, sebagaimana seseorang diantara kalian memelihara anak kuda atau anak untanya, sehingga sedekah tersebut menjadi besar seperti bukit Uhud”

6. Melapangkan Jalan ke Surga dan Menyumbat Jalan ke Neraka

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yg luasnya seluas langit dan bumi yg di sediakan utk orang-orang yg bertakwa. (Yaitu) orang-orang yg menginfakkan (hartanya), baik diwaktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yg menahan amarahnya dam memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang yg berbuat kebajikan.”(QS. Ali Imron:133-134)

Rasulullah SAW bersabda:
“Buatlah penghalang antara dirimu dan api neraka walau hanya dg separuh butir kurma.”

7. Menjadi Bukti Keimanan

Di dalam sebuah Hadits Rasulullah bersabda:
“Sedekah adalah menjadi burhan(bukti).” (HR.Muslim)
Maksudnya, sedekah adalah bukti keimanan pelakunya.Sesungguhnya orang munafik menolak keberadaan sedekah karena tidak meyakininya. Barangsiapa yg mau bersedekah, maka hal itu menunjukkan kebenaraan imannya.

Rasul SAW juga bersabda:
“Sifat iman dan kikir tidak akan berkumpul dalam hati seseorang selama-lamanya.”



8. Membawa Keberuntungan dan Merupakan Pintu Gerbang Semua Kebaikan

Allah SWT berfirman :
“Dan barang siapa yg dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yg beruntung.”
(QS. Al Hasyr:9)

Dalam ayat lain, Allah juga menegaskan:
“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menginfakkan sebahagian harta yg kamu cintai, dan apa saja yg kamu infakkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.”( QS.Ali Imran:92)


9. Akan Mendapat Naungan di Padang Mahsyar

Sedekah akan menolong pelakunya dari kesengsaraan dalam perjalanan menuju alam akhirat, Rasulullah SAW bersabda:
“Setiap orang akan berada dibawah naungan sedekahnya, hingga diputuskannya perkara-perkara diantara manusia”

Didalam hadits lain Beliau juga bersabda:
“Naungan seorang mukmin di hari kiamat adalah sedekahnya”(Shahih Ibnu Khuzaimah 4/95)

10. Pahalanya Akan Mengalir Terus Walaupun Telah Mati

Rasul SAW bersabda:
“Pahala amalan dan kebaikan yg bakal menghampiri seorang mukmin sepeninggalnya—Beliau menyebutkan diantaranya--,(yakni)musyaf yg ia tinggalkan,masjid yg ia bangun,rumah untuk orang yg dalam perjalanan yg ia bangun, sungai yg ia alirkan, atau sedekah yg ia keluarkan dari hartanya dikala sehat dan hidupnya, maka ia akan bakal menghampirinya sepeninggalnya.”


sumber: https://www.facebook.com/notes/yusuf-mansur-network/10-mata-pedang-sedekah/247946225209

Rabu, 06 Januari 2016

Resolusi 2016 : Jangan Menunda Kebaikan


Kini tahun telah 2016 telah datang dan 2015 telah berlalu. Sebelum terlalu lama berlalu mari kita renungkan perbuatan kita selama 12 bulan yang telah kita lewati. Renungkan lebih banyak manakah kebaikan atau keburukan yang telah kita lakukan.


Dari Syadad bin Aus ra, dari Nabi Muhammad saw, beliau berkata: “Orang yang pandai adalah orang yang menghisab (mengevaluasi) dirinya sendiri serta beramal untuk kehidupan sesudah kematian. Sedangkan orang yang lemah adalah orang yang dirinya mengikuti hawa nafsunya serta berangan-angan terhadap Allah SWT” (Imam Turmudzi) .

Seorang Muslim tidak seharusnya hanya berwawasan sempit dan terbatas, sekedar pemenuhan keinginan untuk jangka waktu sesaat. Namun lebih dari itu, seorang muslim harus memiliki visi & planing untuk kehidupannya yang lebih kekal abadi. Karena orang yang sukses adalah orang yang mampu mengatur keinginan singkatnya demi keinginan jangka panjangnya. Orang bertaqwa adalah orang yang ‘rela’ mengorbankan keinginan duniawinya, demi tujuan yang lebih mulia, ‘kebahagian kehidupan ukhrawi.’


Usia kita mungkin bertambah, namun waktu kehidupan kita di dunia senantiasa berkurang. Sebelum kita sampai di  akhir waktu kehidupan kita bersegeralah berbuat kebaikan. 


Di tahun 2016 ini kita perlu membuat sebuah resolusi. Jadikan tahun 2016 sebagai langkah awal kita untuk menjadi generasi yang lebih baik lagi. Resolusi tahun 2016 yang harus dilakukan oleh umat islam adalah “jangan menunda kebaikan.” Jangan menunggu tua dulu untuk berhijab, jangan menunggu tua dulu untuk rajin ke masjid, jangan  menunggu tua dulu untuk rajin mengaji, jangan menunggu tua dulu untuk memikirkan kehidupan akhirat, jangan menunggua tua dulu untuk melakukan kebaikan. Ingatlah, kita tidak tahu kapan akhir waktu kehidupan yang diberikan Allah kepada kita. Karena syarat mati tidak harus sakit. Karena syarat mati tidak harus tua. Oleh karena itu janganlah kalian menunda kebaikan. Tetaplah istiqomah dalam berbuat kebaikan, sampai di akhir waktu kehidupan. 

Tetap istiqomah dalam kebaikan yah.. ;)

Selasa, 05 Januari 2016

Murrotal 30 Juz Syaikh Abdurrahman As-Sudais




 Syaikh Abdurrahman As-Sudais
Nomor SuratNama SuratDengerin AjahDownload di sini
1Surat Al-Fatihamp3 )mp3 )
2Surat Al-Baqaramp3 )mp3 )
3Surat Aal-E-Imranmp3 )mp3 )
4Surat An-Nisamp3 )mp3 )
5Surat Al-Maedamp3 )mp3 )
6Surat Al-Anaammp3 )mp3 )
7Surat Al-Arafmp3 )mp3 )
8Surat Al-Anfalmp3 )mp3 )
9Surat At-Tawbamp3 )mp3 )
10Surat Yunusmp3 )mp3 )
11Surat Hudmp3 )mp3 )
12Surat Yusufmp3 )mp3 )
13Surat Ar-Radmp3 )mp3 )
14Surat Ibrahimmp3 )mp3 )
15Surat Al-Hijrmp3 )mp3 )
16Surat An-Nahlmp3 )mp3 )
17Surat Al-Isramp3 )mp3 )
18Surat Al-Kahfmp3 )mp3 )
19Surat Maryammp3 )mp3 )
20Surat Ta-Hamp3 )mp3 )
21Surat Al-Anbiyamp3 )mp3 )
22Surat Al-Hajjmp3 )mp3 )
23Surat Al-Mumenoonmp3 )mp3 )
24Surat An-Noormp3 )mp3 )
25Surat Al-Furqanmp3 )mp3 )
26Surat Ash-Shuaramp3 )mp3 )
27Surat An-Namlmp3 )mp3 )
28Surat Al-Qasasmp3 )mp3 )
29Surat Al-Ankabootmp3 )mp3 )
30Surat Ar-Roommp3 )mp3 )
31Surat Luqmanmp3 )mp3 )
32Surat As-Sajdamp3 )mp3 )
33Surat Al-Ahzabmp3 )mp3 )
34Surat Sabamp3 )mp3 )
35Surat Fatirmp3 )mp3 )
36Surat Ya-Seenmp3 )mp3 )
37Surat As-Saaffatmp3 )mp3 )
38Surat Sadmp3 )mp3 )
39Surat Az-Zumarmp3 )mp3 )
40Surat Ghafirmp3 )mp3 )
41Surat Fussilatmp3 )mp3 )
42Surat Ash-Shuramp3 )mp3 )
43Surat Az-Zukhrufmp3 )mp3 )
44Surat Ad-Dukhanmp3 )mp3 )
45Surat Al-Jathiyamp3 )mp3 )
46Surat Al-Ahqafmp3 )mp3 )
47Surat Muhammadmp3 )mp3 )
48Surat Al-Fathmp3 )mp3 )
49Surat Al-Hujraatmp3 )mp3 )
50Surat Qafmp3 )mp3 )
51Surat Adh-Dhariyatmp3 )mp3 )
52Surat At-Turmp3 )mp3 )
53Surat An-Najmmp3 )mp3 )
54Surat Al-Qamarmp3 )mp3 )
55Surat Ar-Rahmanmp3 )mp3 )
56Surat Al-Waqiamp3 )mp3 )
57Surat Al-Hadidmp3 )mp3 )
58Surat Al-Mujadilamp3 )mp3 )
59Surat Al-Hashrmp3 )mp3 )
60Surat Al-Mumtahinamp3 )mp3 )
61Surat As-Saffmp3 )mp3 )
62Surat Al-Jumuamp3 )mp3 )
63Surat Al-Munafiqoonmp3 )mp3 )
64Surat At-Taghabunmp3 )mp3 )
65Surat At-Talaqmp3 )mp3 )
66Surat At-Tahrimmp3 )mp3 )
67Surat Al-Mulkmp3 )mp3 )
68Surat Al-Qalammp3 )mp3 )
69Surat Al-Haaqqamp3 )mp3 )
70Surat Al-Maarijmp3 )mp3 )
71Surat Noohmp3 )mp3 )
72Surat Al-Jinnmp3 )mp3 )
73Surat Al-Muzzammilmp3 )mp3 )
74Surat Al-Muddaththirmp3 )mp3 )
75Surat Al-Qiyamamp3 )mp3 )
76Surat Al-Insanmp3 )mp3 )
77Surat Al-Mursalatmp3 )mp3 )
78Surat An-Nabamp3 )mp3 )
79Surat An-Naziatmp3 )mp3 )
80Surat Abasamp3 )mp3 )
81Surat At-Takwirmp3 )mp3 )
82Surat Al-Infitarmp3 )mp3 )
83Surat Al-Mutaffifinmp3 )mp3 )
84Surat Al-Inshiqaqmp3 )mp3 )
85Surat Al-Buroojmp3 )mp3 )
86Surat At-Tariqmp3 )mp3 )
87Surat Al-Alamp3 )mp3 )
88Surat Al-Ghashiyamp3 )mp3 )
89Surat Al-Fajrmp3 )mp3 )
90Surat Al-Baladmp3 )mp3 )
91Surat Ash-Shamsmp3 )mp3 )
92Surat Al-Lailmp3 )mp3 )
93Surat Ad-Dhuhamp3 )mp3 )
94Surat Al-Inshirahmp3 )mp3 )
95Surat At-Tinmp3 )mp3 )
96Surat Al-Alaqmp3 )mp3 )
97Surat Al-Qadrmp3 )mp3 )
98Surat Al-Bayyinamp3 )mp3 )
99Surat Az-Zalzalamp3 )mp3 )
100Surat Al-Adiyatmp3 )mp3 )
101Surat Al-Qariamp3 )mp3 )
102Surat At-Takathurmp3 )mp3 )
103Surat Al-Asrmp3 )mp3 )
104Surat Al-Humazamp3 )mp3 )
105Surat Al-Filmp3 )mp3 )
106Surat Quraishmp3 )mp3 )
107Surat Al-Maunmp3 )mp3 )
108Surat Al-Kauthermp3 )mp3 )
109Surat Al-Kafiroonmp3 )mp3 )
110Surat An-Nasrmp3 )mp3 )
111Surat Al-Masaddmp3 )mp3 )
112Surat Al-Ikhlasmp3 )mp3 )
113Surat Al-Falaqmp3 )mp3 )
114Surat An-Nasmp3 )mp3 )
Sumber: Quranicaudio.com